Bulu Kuduk Berdiri? Kok bisa, ya??

Category : Posting ini berkaitan dengan: ,


BULU KUDUK? Kita tahu ketika kita merasa ketakutan atau merinding. Apalagi saat kita nonton film horor. Nah, ketika ketakutan, kita mungkin merasakan geli di belakang leher. Itu adalah rambut-rambut tubuh yang berdiri! Mengapa rambut-rambut tersebut bisa berdiri?


Sebagaimana yang kita ketahui, otak merupakan pusat sistem koordinasi tubuh. Segala perasaan yang kita rasakan seperti bahagia, sedih, ceria, semua distimulasi oleh otak. Termasuk perasaan takut ini. Saat kita ketakutan, bagian syaraf yang berhubungan dengan perasaan takut juga akan berespon. Rambut tersebut bisa berdiri karena adanya otot-otot kecil di akar setiap helai rambut.


Jadi, sebenarnya, bukan rambutnya yang berdiri, tetapi otot-otot kecil yang berada di setiap helai rambut tersebut, sebagai respon dari perasaan takut yang disampaikan oleh otak. Pada manusia, peristiwa itu tidak terlalu kentara. Kalau mau lihat yang lebih jelas, kita bisa menyaksikannya pada kucing yang sedang ketakutan. Bulu-bulunya berdiri tegak sehingga binatang itu kelihatan lebih besar bagi musuhnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Apa pendapat dan kesan kalian terhadap entri ini? Comment saja! Jangan malu-malu!