Tips mengerjakan soal Try Out.

Category : Posting ini berkaitan dengan:

Bagi WIKers yang kelas 6, kan sering Try Out kan? Nah, Marsha punya tips, untuk mengerjakan try out yang mudah.


1. Dahulukan soal yang lebih mudah.
Pasti sering kita dengar. Guru pengawas menyuruh kita mengerjakan soal yang lebih mudah, petunjuk di naskah soal juga bilang demikian. Nah, tujuannya supaya waktu yang diberikan tidak habis di satu soal.
Dahulukan nomor yang memiliki soal mudah (matematika : 1-2, dan antara 25-29, bahasa indonesia : 50, ipa: 1). Kalau kita mengerjakan dari yang mudah, semua soal yang kita kerjakan berikutnya terasa lebih enteng!

2. Silang yang benar!
Ini penting! Apalagi kalau ternyata periksanya di scan. Wah.. kalau ada yang tidak terbaca, gawat tuh! Kita tidak mendapat nilai! Atau jawabannya dianggap salah. Nah, sebaiknya, silang hati-hati! Jangan sampai keluar kotak, dan silang setebal mungkin. Tapi jangan sampai tebal banget, ya.. bisa bisa LJK nya sobek!
Jangan biarkan LJK kita terkena air, kotor, dan terlipat. Laporkan kepada guru/pengawas! Mereka akan segera memberi LJK baru.

3. Periksa kembali jawaban dan LJK!
Semua soal sudah dijawab? Periksa kembali, deh. Barangkali, ada yang salah menyilang, belum diisi, atau ternyata pilihannya salah. Mumpung ada waktu, periksa kembali! Harapanmu untuk mendapat nilai bagus masih ada! Jangan sampai kamu menyesal gara-gara nilai try out jelek gara gara lupa di cek. LJK juga harus di cek! Barangkali ada yang belum disilang, nomor peserta belum diisi, dan sebagainya.

4. Pakailah alat ujian yang bermutu.
Bukannya promosi ya.. tapi ini penting! Kalau kita pakai pensil asal-asalan, bisa tidak terbaca scanner! Gawat, kan? Nah.. persiapkan alat tulisnya. Pakailah pensil for computer (seperti 2B, Stabilo, dan staedtler). Penghapus juga pilih yang bagus! Kalau pilih yang asal asalan, bisa membikin LJK kotor dan sobek!
Pakai juga papan alas LJK. Bisa di beli di toko buku atau toko alat tulis. Ini penting, siapa tahu, meja kamu atau meja ujiannya berlubang dan tidak rata. Bikin ga nyaman mengisi LJK!
Cek juga pensil sebelum try out. Jangan terlalu tumpul dan jangan terlalu runcing. Pensil runcing susah terbaca scanner, pensil tumpul juga!

5. Tulis nama yang betul.
Ini penting nih. Misal, hari pertama, kamu tulis nama, Aisyah Dewi R. Hari kedua, kamu tulis Aisyah Dewi Rania. Hari ketiga, Aisyah D Rania. Waaahhh... GAWAT! Kamu bisa mendapat rank bawah!
Intinya, jangan tulis nama yang berbeda di hari berikutnya. Ini bisa bikin ranking kamu jeblos!

6. Sering-sering latihan!
Belilah buku soal UASBN yang bagus. Recommend aku sih, Seri Pendalaman Materi Plus 2011 ESIS dan Detik-detik UASBN 2011! Atau belinya yang untuk tahun 2011, deh. Belilah yang sesuai kisi-kisi UASBN.
Kalian juga bisa mencari kisi-kisi UASBN di internet. Bisa juga berlatih soal di internet. Nah.. kalau banyak latihan, UASBN dan try out jadi lebih mudah!

1 komentar:

alhamdulillah trimakasih sangat bermaanfaat

Posting Komentar

Apa pendapat dan kesan kalian terhadap entri ini? Comment saja! Jangan malu-malu!