Healthelp - Amandel

Category : Posting ini berkaitan dengan:

Jadiii.. Amandel itu apa, sih?

Amandel yang mempunyai nama lain tonsil ini merupakan jaringan yang letaknya di sisi kanan dan sisi kiri belakang tenggorokan manusia. Amandel merupakan bagian dari sistem kekebalan manusia dari infeksi, khususnya infeksi pernafasan atas atau faring.

Amandel sering tumbuh di tubuh manusia, khususnya anak-anak umur 6-12 tahun. Untuk anak berusia 6-12 tahun, kebanyakan amandelnya sering meradang. Peradangan dan infeksi amandel disebut tonsilitis. Tonsilitis bisa sembuh dengan sendirinya, atau diberi obat antibiotik (jika infeksinya disebabkan oleh bakteri).


Namun, jika infeksinya semakin parah dan membesar, harus segera di angkat, karena dapat menghalangi pernafasan dan pencernaan manusia (menghalangi makanan yang akan masuk ke lambung). Jika amandel seorang manusia diangkat, kebanyakan sih, fungsi daya tahan tubuhnya berkurang, karena sistem kekebalannya hilang. Tetapi, kalian tidak perlu khawatir. Masih ada sel darah putih yang berfungsi membunuh kuman.

Bagaimana, sih, operasi amandel itu?


Operasi amandel sudah lazim dilakukan oleh anak-anak. Apalagi untuk anak berusia 7-12 tahun. Operasi amandel bagi kita-kita cukup aman, karena kita masih dalam masa pertumbuhan. Operasi amandel memang sakit, sih. Karena yang dioperasi, kan, tenggorokan. Untuk mengetahui tips tips tentang amandel dan pengobatannya, kamu bisa konsultasi melalui dokter THT (telinga hidung tenggorokan).

Sssttt... ini, nih, makanan yang dianjurkan sehabis operasi amandel:
     - Es batu
     - Es krim
     - Pasta
     - Pure kentang
     - Sayur - sayuran
     - Buah - buahan
     - Makanan dan minuman yang dingin
     - Dll
Ssstt... kita boleh makan-makanan yang dingin, karena untuk menghambat darah yang keluar di tenggorokan.

1 komentar:

I have Amandel... And it's so thick and so sick..

Posting Komentar

Apa pendapat dan kesan kalian terhadap entri ini? Comment saja! Jangan malu-malu!